Tes Rorschach: Antara Manual dan Kenyataan


Bagi orang-orang yang sudah mengenal ilmu psikologi, tes kepribadian yang satu ini bisa jadi merupakan sesuatu yang sudah akrab di telinga, walaupun mungkin tidak semuanya tahu bagaimana cara mengadministrasikan tes ini. Tes ini merupakan salah satu jenis tes proyektif yang dimaksudkan untuk mengungkap aspek-aspek kepribadian seseorang. Seperti kemampuan intelegensi, fungsi efo, dan aspek afeksi dari orang tersebut. Tes ini menggunakan stimulus berupa bercak tinta. Bagaimana bercak tinta itu dibuat? Ya seperti ketika kita masih di TK dan main-main dengan tinta yang diteteskan di kertas dan kertasnya dilipat dan kemudian akan muncul pola di kertas tersebut. Seperti itulah kira-kira stimulus dalam tes Rorschach ini.
Tes Rorschach atau sebelumnya dikenal sebagai tes bercak tinta sendiri pertama kali dikenal di Tubingen, Jerman oleh seorang yang bernama Justinus Kerner pada tahun 1857. Kerner menyadari bahwa dia dapat melihat berbagai objek dalam bercak tinta tersebut. Kemudian pada tahun 1895, Alfred Binet menyarankan untuk menggunakan bercak tinta tersebut untuk melihat kemampuan imajinasi dan melihat kecenderungan kepribadian seseorang. Setelah itu, beberapa ahli lain juga melihat dan mengembangkan penggunaan bercak tinta sebagai alat untuk melakukan tes kepribadian seseorang (Klopfer & Davidson, 1962).

Sedangkan Hermann Rorschach yang namanya sekarang digunakan untuk tes bercak tinta ini adalah seorang pskiater kelahiran Zurich, Swiss, tahun 1884. Sepuluh kartu yang digunakan saat ini adalah hasil seleksi dari beribu-ribu kartu yang telah dicobakan dan sudah diklasifikasikan dengan kedua syarat berikut, yaitu bentuk bercak yang relatif simetris dan distribusi bercak harus memenuhi persyaratan komposisi tertentu (Subandi & Wulan, 2013). Teknik Rorschach ini kemudian juga dikembangkan oleh beberapa ahli, dua orang yang saya kenal dan saya gunakan untuk melakukan tes ini adalah Bruno Klopfer dan Aronov.
Saya sendiri mengalami empat semester dengan Tes Rorschach ini. Pertama kali sebagai mahasiswa, dan kemudian sebagai asisten yang membantu proses praktikum. Pada awalnya saya jadi asisten juga merupakan suatu kecelakaan belaka. Setelah saya kuliah Rorschach kalau tidak salah tahun 2009, mata kuliah tes ini kemudian tidak diadakan lagi selama beberapa semester. Entah karena kurangnya peminat atau hal lain, saya tidak tahu. Kemudian tes itu diadakan lagi dan teman seangkatan saya di mata kuliah tersebut sudah habis pada lulus. Hanya tersisa saya seorang. Jadi apa boleh buat, saya yang maju jalan untuk menemani dua puluh anak berproses.
Ternyata pada kesempatan pertama saya menjadi asisten itu, Bapak Dosen membuat perubahan kebijakan dengan menganti acuan yang tadinya menurut versi Aronov menjadi versi Klopfer dengan tetap menggunakan administrasi dan lembar-lembar versi Aronov—ah… saya mulai tidak berbicara dengan bahasa manusia ini tampaknya. Begitu juga pada kesempatan kedua saya juga belajar dengan versi campuran atau hibrid antara Aronov dan Klopfer. Pada kesempatan ketiga ini karena Bapak Dosen langganan sedang menimba ilmu kembali maka diganti oleh Mbak Dosen dengan tradisi Klopfer beneran. Maka ada lagi yang berubah dalam proses administrasi dan skoringnya.
Pada dasarnya, menurut manual, tes ini sebenarnya sederhana, testee atau orang yang dites hanya diminta untuk mengatakan apa yang dia lihat dari bercak tersebut. Saya sendiri baru mengalami dua kali praktikum resmi ketika kuliah, dan satu kali ngetes-ngetesan ketika harus belajar lagi sebagai asisten. Tes yang dilakukan di kos dengan alat tes di dalam laptop. Ini tidak ideal, jadi jangan ditiru ya… Jawaban yang didapat bisa sangat beragam dan sangat banyak, walaupun bisa juga didapatkan jawaban populer atau jawaban yang sering muncul. Kemudian pada tahap selanjutnya akan ditanyakan kembali kepada testee bagaimana dari pola bercak tinta tersebut bisa terlihat suatu objek, misalnya saja orang sedang jongkok sambil merokok. Mengapa bisa terlihat demikian? Jawaban-jawaban tersebut yang kemudian akan dituliskan untuk kemudian dilakukan skoring.
Selama ini sejauh pengalaman saya ngetes sendiri dan menunggui orang-orang ngetes, biasanya tidak ada masalah berarti dalam proses administrasi. Pada umumnya testee bisa menjawab dengan baik pada setiap kartunya. Saya belum pernah menemukan testee yang sampai tidak dapat memberikan satupun jawaban pada bercak tertentu, atau sampai perlu dilakukan tes analogi atau testing the limit (ini juga bukan bahasa manusia, bisa membaca referensi jika tertarik untuk memahami lebih jauh). Masalah pada tahap andministrasi ini sebagian besar muncul karena testernya yang mahasiswa itu terlalu tegang sehingga blank dan lupa dengan apa yang harus dikatakan. Hal ini juga dikarenakan adanya banyak hal yang harus dilakukan, menunjukkan kartu, mengukur waktu, dan mencatat jawaban, jadi memang ribet.
Sedangkan asisten hanya perlu berjalan-jalan, mendengarkan, memasang tampang tidak senang, dan menilai, seakan-akan apa yang akan dikatakan memengaruhi nasib dari orang yang ngetes. Yah… bahkan jika salah administrasi sekalipun, testee juga tidak akan terpengaruh apa-apa kok. Ya memang menjadi tidak valid hasil tesnya, tapi semua orang juga tahu kan kalau kita ini hanya mahasiswa S1 dan ini adalah praktikum pertama, interpretasinya tidak akan ada harganya kok untuk menilai kepribadian seseorang. Bagi saya, yang penting semua orang paham apa yang harus dilakukan dan semua senang, keahlian bisa dipoles kemudian. Toh nanti beda institusi juga beda tokoh yang dianut dan beda pula caranya.
Menjadi masalah dan menjadi begitu ribetnya adalah pemberian skor. Untuk skor lokasi biasanya lebih mudah, kita hanya perlu melihat seberapa besar bercak yang digunakan, apakah bercak bagian yang bertinta atau bagian putihnya. Menjadi agak rumit jika testee menjawab ini kebun binatang dan ini adalah gajah, lalu ini ular, lalu ini harimau. Apakah satu jawaban atau banyak jawaban, apakah perlu pakai kurung kurawal atau tidak? Apakah lokasi itu cukup besar untuk diberi skor W cut atau D saja? Ataukah di, de, dr?
Ya… kira-kira begitulah dalam memberikan skor untuk jawaban-jawaban yang diberikan testee. Ada banyak syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan untuk memutuskan skor apa yang akan diberikan. Sebagai contoh, gerakan manusia akan mendapatkan skor M, sedangkan gerakan hewan akan mendapatkan skor FM. Bagaimana jika yang bergerak adalah ikan duyung? Apakah akan mendapatkan skor M atau FM? Belum lagi masalah Form Level Rating dengan syarat yang sangat mendetail untuk setiap tambahan poin yang perlu diberikan. Dua orang yang sedang menari akan mendapatkan tambahan setengah, sedangkan dua orang saja bisa jadi tidak mendapatkan tambahan skor organisasi. Hidung yang mancung bisa mendapatkan skor spesifikasi, sedangkan topi merah tidak mendapatkan tambahan skor spesifikasi. Sejauh praktek yang saya lakukan ini, ada mahasiswa yang sudah mengganti skor FLR-nya sampai empat kali karena perbedaan pandangan soal penambahan skor.
Tes Rorschach ini menurut saya memang unik. Jika tes Tematic Aperseption Test atau TAT itu merupakan tes proyektif yang murni kualitatif dan subjektif, pada Tes Rorschach tidak demikian. Jawaban-jawaban yang berbentuk kualitatif ini akan diberikan skor dan pemberian skor ini dengan cukup subjektif. Skor tersebut kemudian akan dijumlahkan dan dimasukkan dalam proses perhitungan yang kuantitatif. Hasil dari perhitungan tersebut yang kemudian akan dikualitatifkan lagi dengan melihat standar-standar yang ada. Seperti misalnya jika dari seluruh respon yang muncul, testee tersebut memunculkan sepuluh gerakan manusia maka berarti orang tersebut memiliki daya imajinasi yang cukup baik, misalnya demikian. Dengan proses yang seperti ini, validitasnya memang hanya dapat diukur dari kemampuan testernya. Apakah tester melakukan tes sesuai dengan standar, melakukan elaborasi pada tahap kedua dengan benar. Apakah tester benar-benar paham bagaimana memberikan skor pada lokasi, determinan, isi, dan FLR? Jika tidak, ya memang bubar jalan.
Bagi saya tes ini merupakan tes yang cukup akurat, tes ini mencoba menjelaskan bagaimana cara pandang seseorang dalam memandang suatu masalah, bagaimana keruntutan seseorang dalam berpikir, bagaimana daya imajinasinya, bagaimana responnya terhadap stimulus emosi atau lingkungan sosialnya. Tes ini tidak hanya melihat bahwa garis yang tebal menandakan kepercayaan diri dan gambar yang melewati batas adalah seorang yang ekspansif. Tes ini melihat dibalik itu. Dan selalu menarik ketika kita bisa menemukan sebuah kesimpulan yang tepat dari kecenderungan seseorang dengan hanya melihat seberapa luas bercaknya dan apa determinan yang muncul di situ.
Sampai sekarang Tes Rorschach selalu berhasil mengulik rasa ingin tahu saya. Tes yang membuat saya selalu bersedia untuk kembali berproses dan sama-sama belajar lagi. Menghadapi berbagai jawaban yang pada akhirnya tidak dapat kita skor dengan pasti. Banyak jawaban yang tidak dapat ditemukan apa skornya begitu saja di manual-manual yang saya pegang, dan saya memegang lebih dari satu manual. Skor yang akhirnya didapatkan dengan kesepakatan bersama dan diskusi terus menerus. Apakah seseorang menggenakan baju berwarna biru akan mendapatkan tambahan FLR 0,5 atau apakah orang bercermin akan mendapatkan skor FK? Jawabannya mungkin akan sangat bebeda-beda, tergantung siapa yang menilai dan standar siapa yang dipakainya.
Jadi manakah yang benar? Apakah Aronov ataukah Klopfer? Atau malah ada ahli lain yang tidak saya kenal, dan menurut saya pasti ada di luar sana? Lalu kepribadian menurut siapakah yang benar? Rasanya pertanyaan itu salah malahan kalau diajukan. Yang benar ya kepribadian manusia menurut manusia itu sendiri. Standar selalu dibuat sebagai sarana untuk memudahkan komunikasi para ahli, untuk bisa mengkomunikasikan pasien-pasien mereka, data-data yang mereka peroleh. Standar adalah bahasa yang disepakati bersama agar memudahkan komunikas para pelakunya. Standar ya hanyalah standar, penyederhanaan besar-besaran dari apa yang sebenarnya ada di kenyataan. Jadi, janganlah malah melakukan self fullfiling prophercy yang malah menyamakan kepribadian dan perilaku kita dengan standar dan kategorisasi dari para ahli. Ini hanya sekadar administrasi, jadi santai saja…


NB: Daftar pustaka akan ditambahkan kemudian atau bisa ditanyakan kalau pengen tau. Saya lupa bawa bukunya... hicks...


  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Autoetnografi apaan sih?

The Geography of Faith