Global Warming


Mungkin sudah basi banget buat bahas masalah ini. Sudah berjuta-juta entri yang membahas berbagai gerakan untuk mengatasi masalah yang dialami semua penghuni bumi tercinta ini. Tapi ga ada salahnya juga kalo kalo ikut-ikutan meramaikan ajang kampanye anti global warming.
Banyak banget cara yang bisa dilakukan buat memperlambat terjadinya pemanasan global. seperti slogan yang terkenal yaitu reduce, reuse dan recycle. Tapi apa hal yang bener-bener bisa kita lakukan???
Sebagai mahasiswa yang ngekos dan dengan uang saku pas-pasan akan cukup sulit untuk melakukan penghijauan di taman milik ibukos yang hanya berukuran 2x1m. Menghemat listrik berarti ga bisa facebookan, atau bikin tugas. Pake sepeda? panas, ga punya sepeda dan buat beli sepeda dana dari mana...
Jadi berdasar pengalaman mari kita lihat cara-cara berikut ini:


Hemat listrik = Hemat listrik ini dapat dilakukan dengan cara-cara yang cukup manusiawi, kita ga harus berganti dengan memakai petromak seperti nenek moyang kita. Yaitu:
  • pilih salah 1, jangan nyalakan tv, komputer, atau tape, vcd, bersama-sama. Pilih saja nonton tv saja, mendengarkan musik saja, atau maen game saja. Akan lebih hemat jika baca buku saja, makan saja, atau tidur saja. Sama sekali tidak mengkonsumsi listrik.
  • buka pintu dan jendela lebar-lebar. Hal ini dapat menghemat listrik dengan memaksimalkan cahaya yang masuk sehingga mengurangi penggunaan lampu, dan memungkinkan udara untuk bersikulasi sehingga tidak perlu menyalakan ac dan kipas angin.
  • matikan yang tidak digunakan. Jadi saat pergi atau tidur matikan saja barang-barang yang memakai listrik. Lampu, tv atau mp3. Karena ada penelitian (entah penelitian siapa) yang menyatakan jika tidur dalam kondisi yang gelap dan tenang maka kualitas tidur akan menjadi lebih baik. Jika tidak berani tidur dalam gelap, gunakan lampu dengan daya yang lebih kecil dari pada saat beraktivitas. Manfaatkan fasilitas timer pada tv atau kipas angin atau barang-barang lainnya. Jika pergi berhari-hari cabut saja dari sumbernya. karena walaupun dalam keadaan mati alat-alat elektronik tetap memakan listrik.
Hemat Air : gunakan air seefektif mungkin
  • Jangan nyalakan ledeng saat tidak dibutuhkan, seperti saat mencuci, atau sikat gigi.
  • Jangan biarkan ledeng atau bak mandimu bocor, segera perbaiki atau pakai barang penganti, seperti ember untuk mengganti bak yang bocor atau ledeng yang baru untuk menganti ledeng yang bocor.
  • Gunakan pewangi sekali bilas. Bukannya iklan tapi emang itu salah satu hal yang cukup efektif untuk menghemat penggunaan air.
Kurangi penggunaan plastik yang tidak diperlukan
  • Bawa tas. Jika kamu berbelanja, menyewa dvd, atau komik. Masukan saja dalam tas yang kamu bawa. Terutama barang-barang yang kecil dan cukup untuk masuk ke dalam tas.
  • Cuci bajumu sendiri. Jika kamu laundru maka bajumu akan dikemas dalam kantung plastik dan akan dimasukan lagi ke dalam tas plastik. maka akan ada banyak plastik yang akan terbuang percuma.
  • Gunakan lagi tas plastik bekas untuk kantung sampah. Dari pada dibuang begitu saja, buang saja bersama teman-teman sampah lainnya.
  • Pakailah tempat minum dan bawalah kemana-mana. dengan membawa tempat minum kamu dapat menghemat dengan tidak memakai botol air mineral,d an karena memakai botol air mineral berulang kali itu tidak baik. Maka belilah dan pakai botol air minum seperti waktu kita TK dulu.
  • Biasakan untuk makan di tempat saja. Dengan makan di tempat maka kita akan mengurangi pengunaan plastik, styrofom ataupun kertas untuk membungkus.
  • Tidak perlu mamakai sedotan. Karena bagaimanapun juga sedotan itu dari plastik.
Untuk Sementara ini dulu beberapa cara menghemat air, listrik, plastik, dan menghemat pengeluaran kita. Karena dengan menghemat air dan listrik maka kita kan menghemat uang untuk membayar iuran listrik bulanan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Autoetnografi apaan sih?

Tes Rorschach: Antara Manual dan Kenyataan

The Geography of Faith